Review Xiaomi Mi Mix 2 Tanpa Port Audio

Review Xiaomi Mi Mix 2 Tanpa Port Audio

Pada akhir tahun ini Xiaomi  telah meluncurkan Xiaomi Mi Mix 2 dan yang sebelumnya telah meluncurkan Xiaomi MI A1 yang berkerja sama dengan Google dengan AndroidOne. Xiaomi Mi Mix 2 merupakan salah satu smartphone flagship yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini memiliki desain bezel-less.

Tidak main-main, pihak Xiaomi mengklaim Mi Mix 2 memiliki layar hingga 12,5 persen lebih besar dari Mi Mix pertama namun memiliki bodi yang lebih ringkas. Itu artinya, smartphone ini memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih besar dibandingkan pendahlunya yang hanya 83 persen.

Lebih Ringkas Tidak Lebih Elegan

Jika dibandingkan dengan pendahulunya Mi Mix 2 memang tampil agak berbeda. Selain memiliki layar yang lebih besar, bodi Mi Mix 2 lebih terasa ringkas dan mudah digenggam. Hal tersebut mungkin dikarenakan rasio layar terhadap bodinya yang kini lebih besar dan rasio ukuran layar 18:9 yang digunakannya.

Mi Mix 2 juga cukup tipis dengan ketebalan bodi hanya 7.7mm. Bahkan saat dipasang casing pelindungnya, smartphone ini juga masih tidak terasa terlalu tebal. Sayangnya, casing yang dihadirkan di Mi Mix 2 kali ini bukan terbuat dari kulit seperti sebelumnya. Saya tidak tahu apa jenis bahan pastinya, namun casing ekstra Mi Mix 2 kali ini terlihat seperti terbuat dari plastik. Hal tersebut yang membuatnya tampak tidak lebih elegan dari pendahulunya.

Sama seperti sebelumnya, casing ini memang dirancang tidak hanya untuk melindungi bagian belakang bodi Mi Mix 2. Ia juga membuat tangan menjadi lebih mudah menggenggam karena bagian belakang bodi Mi Mix 2 cukup licin. Hanya saja, casing tambahan ini sangat sulit dilepas ketika sudah terpasang.

Dari aspek desain lainnya, Mi Mix 2 tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Ia masih memilii satu kamera dengan sensor sidik jari di bawahnya. Sementara kamera depannya masih ditempatkan di bagian bawah layar sehingga smartphone ini harus diputar ketika ingin melakukan selfie agar posisi kameranya berada di atas dan lebih bisa menangkap wajah Anda dengan sudut yang tepat.

Di bagian sisi bawah smartphone ini terdapat lubang speaker dan satu port USB Type-C. Ya, yang sangat disayangkan dari Mi Mix 2 kali ini adalah absennya port audio 3.5mm. Meski Xiaomi sudah menyediakan converter khusus agar headphone yang menggunakan jack audio 3.5mm masih bisa digunakan, ini artinya Anda tidak bisa menggunakan headphone sambil mengisi daya.

MiUI 9 Tidak Tampak Banyak Berubah

Saya tidak merasa banyak dikejutkan ketika menggunakan MIUI 9 di Mi Mix 2. Jujur saja perubahan yang dihadirkan tidak begitu terasa secara tampilan. Ikon dan tema yang disajikan masih sama dan posisi antarmuka masih tetap tidak berubah.

Hanya saja karena layar Mi Mix 2 sangat besar, ikon tersebut terlihat lebih kecil dan tidak terasa memenuhi layar. Saya sangat puas dengan ukuran ikon di Mi Mix 2 kali ini karena wallpaper yang saya pasang bisa terlihat sangat jelas dan tampilannya terlihat lebih minimalis.

Untungnya juga Xiaomi masih mengizinkan saya untuk membuat folder dan memasukkan shortcut aplikasi ke dalam folder tersebut lalu diposisikan di bawah tampilan layar. Karena saya lebih suka tampilan layar utama yang bersih dan MIUI 9 tidak memiliki sistem app drawer, sistem folder ini menjadi solusi yang sangat berguna.

Kamera Utama 

Seperti generasi sebelumnya memang sempat khawatir Mi Mix 2 tidak akan kembali memiliki kamera yang buruk seperti pendahulunya. Pasalnya, smartphone ini masih belum, menggunakan kamera ganda seperti Mi 6 yang terbukti hasil jepretannya tergolong sangat baik.

Untungnya, Mi Mix 2 memiliki kamera dengan kualitas jepretan yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kualitas kamera di Mi Mix 2 memang jauh lebih baik.

 

Performa 

Xiaomi Mi Mix 2 ditenagai SoC Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan salah satu SoC paling kencang serta didukung oleh RAM 6GB, smartphone ini sudah dipastikan memiliki performa yang sangat kencang.

Sementara untuk performa baterainya, Mi Mix 2 cukup mengejutkan. Meski hanya memiliki daya 3.400 mAh, Mi Mix 2 mampu bertahan cukup lama, yaitu hingga 13 jam 8 menit menggunakan pengujian baterai di PCMark

Salah satu aspek lain yang patut diperhitungkan di smartphone ini adalah ruang penyimpanan datanya yang memiliki penyimpanan internal 256GB. Mi Mix 2 memang tidak punya opsi penyimpanan eksternal, namun karena peyimpanan internalnya sudah sangat besar, saya rasa penyimpanan eksternal tidak akan begitu berguna.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 2

 Kelebihan :

  • Desain bezelless yang sangat unik
  • Performa sangat kencang
  • Penyimpanan internal besar
  • Daya tahan baterai cukup kuat

Kekurangan :

  • Desain tidak seelegan dan eksklusif pendahulunya
  • Tidak ada port audio

Leave a Reply