Perlukah Memasang Aplikasi Locker, dan Launcher Pada Android?

TeknoTips.com :Smartphone Android merupakan smartphone yang memiliki kelebihan dalam bidang kustomisasi yang tiada batas. Kegiatan kustomisasi pada perangkat android merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang atau hanya untuk sekedar mempercantik tampilan android. disamping mudah dalam melakukannya, terdapat juga beberapa aplikasi pendukung yang siap pakai.

Memasang Aplikasi Locker1

Berbagai macam aplikasi pendukung untuk mempercantik tampilan android sudah disediakan secara gratis dan ada yang berbayar pada Google Play Store. Meskipun kegiatan kustomisasi perangkat android sangat menyenangkan, akan tetapi kita juga harus mengetahui dampak yang akan menimpa smartphone kesayangan kita.

Beberapa aplikasi pendukung yang bisa mempercantik tampilan android kita antara lain aplikasi launcher, dan lockscreen. Kebanyakan para pengguna android sudah tidak asing lagi mendengar kedua nama aplikasi tersebut. Namun tahukah Anda beberapa aplikasi dengan jenis launcher, locker ternyata mempunyai dampak negative pada kinerja smartphone android.

Perlukah Memasang Aplikasi Locker Pada Smartphone Android?

 

Memasang sebuah aplikasi locker untuk mempercantik tampilan android merupakan hal menyenangkan yang boleh kita coba. Kegunaan dari aplikasi ini adalah untuk mempercantik tampilan lockscreen pada smartphone android. Terlebih pada Google Play Store disediakan banyak sekali lockscreen dengan berbagai pencipta yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, banyak para pengguna android yang salah dalam memilih aplikasi lockscreen. Akibat dari kesalahan ini bisa berakibat fatal, berikut kemungkinan yang terjadi :

  • Jika kita memasang aplikasi lockscreen yang salah dan terjadi crash pada aplikasi tersebut maka kita tidak akan bisa masuk ke tampilan awal android, hal ini dikarenakan terhalang oleh aplikasi lockscreen yang crash.
  • Jika kita salah dalam hal memilih lockscreen, maka smartphone android yang kita gunakan akan sering mengalami lag. Hal ini dikarenakan aplikasi lockscreen tersebut terlalu banyak memakan RAM pada android.

Perlukah Memasang launcher Pada Android?

 

Memasang sebuah launcher pada android merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, hal ini dikarenakan dengan memasang launcher pada smartphone android, maka tampilan smartphone android kita akan tampak lebih cantik dari biasanya. Berbagai macam tema, dan wallpaper gratis juga turut disediakan oleh beberapa aplikasi launcher untuk membuat para penggunanya merasa nyaman.

Memasang Aplikasi Locker3

Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, ada beberapa dampak yang dirasakan oleh pengguna launcher, yakni :

  • Smartphone android sering mengalami lag setelah memasang sebuah launcher.
  • Terjadinya penurunan dalam kinerja smartphone.
  • Bahkan yang lebih parah lagi, sebuah launcher bisa memakan RAM sebanyak 70MB.

Melihat berbagai efek negative yang timbul pada pemasangan launcher, tentu kita akan semakin hati – hati dalam memilih launcher yang akan digunakan. Saran penulis, pilihlah launcher yang sangat ringan dan tidak memakan banyak RAM pada android, sehingga baterai dan kinerja android tetap terjaga.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita peroleh dari pemasangan aplikasi launcher dan locker adalah, kita boleh saja memasang aplikasi launcher dan lockscreen yang tersedia pada Google Play Store asalkan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sudah terpercaya dan jumlah penggunanya lebih dari satu juta pendownload.

Leave a Reply