Apakah Itu Photo Bokeh Dalam Dunia Fotografi

Secara pengertian sederhana Bokeh adalah mengaburkan dalam fotografi secara teknik mempunyai makna “blur” alias tidak jelas yang merupakan hasil dari keterbatasan lensa kamera dimana cahaya yang masuk menjadi “out of focus”  atau tidak fikus. Kata ini biasa dikaitkan dengan latar belakang sebuah foto dan tidak berkaitan dengan objek utama, bahkan akan memperjelas objek utama.

Yang memperkenalkan pertama kali bokeh adalah Mike Johanston yang merupakan editor majalah Photo Techniques pada tahun 1997, sedangkan kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti “blur” atau “haze”  dan diartikan sebagai area blur.

Untuk membuat foto bokeh tidak lah sulit pada saat sekarang ini karena sudah mulai bermunculan ponsel atau smartphone yang telah bisa digunakan untuk membuat foto dengan efek bokeh, tetapi kita akan berbagi informasi sedikit mengenai teknik yang mungkin bisa merupakan kosep dasar dari ponsel dengan efek bokeh.

Teknik foto bokeh bisa menggunakan Aperture besar, coba anda perhaikan pada speksifiksi  kamera pada kamera digital maupun ponsel, terdapat angka F 1.8/2.8/4.5/5.6/11/22 pada dua jenis kamera, yang merupakan besaran Aperture.

 

Aperture yang besar adalah yang memiliki angka kecil, semakin kecil maka semakin besar nilai Aperture nya.  Pergunakan yang terbesar yang dimungkinkan oleh kamera dan lensa (setiap lensa dan kamera akan memiliki batasan Aperture yang bisa dicapai ). Dengan begitu Depth of Fieldnya akan menjadi dangkal dan cahaya hanya terfokus pada satu bidang sempit saja (untuk obyek utama) dan sisanya akan kabur.

Konsep bokeh menggunakan prinsip yang sama. Jadi usahakan memotret dari jarak sedekat mungkin dengan obyek. Sedekat mungkin dalam artian sesuai dengan batas maksimum kamera dan situasi sekitar. Jangan sampai obyek utama menjadi kabur karena kamera tidak bisa menemukan fokus.

Teknik memotret dari sedekat mungkin, maka Depth of Field atau bagian yang jelas akan semakin mengecil pula. Hal ini akan membantu membuat obyek utama tetap tajam dan jelas sedangkan bagian lain menjadi blur atau kabur.

Gunakan jarak obyek dan latar belakang sejauh mungkin, membuat bokeh berarti anda menginginkan blur. Sementara semakin jauh jarak antara obyek dengan latar belakang atau background maka fokus kamera akan semakin mudah membedakan mana yang harus difokus dan mana yang tidak.

Secara metode sederhana cobalah anda acungkan jari telunjuk di depan mata dan kemudian fokuskan mata pada telunjuk. Lalu gerakkan telunjuk tersebut mendekati mata maka yang akan anda lihat adalah semakin dekat telunjuk dengan mata, maka kita akan melihat telunjuk akan tetap jelas sedangkan bidang lainnya akan menjadi kabur.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jarak antara objek dan background yang telalu dekat akan kesulitan dalam menghasilkan foto bokeh, aturlah jarak oabjek dan backgorud anda untuk menghasilkan foto bokeh yang indah.

Berikut sedikit penjelasan mengenai apakah itu bokeh dan sejarah bokeh itu ada, karena tidak bisa dipungkiri hasil foto dengan efek bokeh merupakan seni tersendiri yang bisa menjadi karya seni yang indah.

Leave a Reply