10 Tips Mengatasi Smartphone Yang Lemot

10 Tips Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Smartphone yang lemot, lelet atau slow adalah hal yang sangat menganggu para pengguna piranti komunikasi ini. Smartphone dewasa ini memang bukan hanya digunakan sebagai piranti komunikasi saja. Gadget sudah menajdi bagian dari gaya hidup manusia modern. Artinya, perangkat ini tak hanya digunakan untuk menjalin komunikasi dengan orang yang jauh. Benda ini juga memiliki fungsi lain yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern.

 

Mengatasi Smartphone Yang Lemot_kurangi widgetnya

 

Namun seberapapun canggih perangkat komunikasi yang kita miliki, satu masalah umum yang paling membuat jengkel adalah smartphone yang lemot alias lola alias loading lama. Baik digunakan untuk konseksi internet atau aplikasi lain yang berjalan, ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa digunakan. Permasalahan ini disebabkan oleh berbagai hal. Dan setiap produsen smartphone, punya cara dan metode sendiri untuk mengatasi berbagai masalah lemot apda piranti yang mereka produksi. Namun secara umum, berikut adalah solusi dan cara mengatasi smartphone yang lemot.

  • Bersihkan chache pada smartphone Anda. Hanya dalam hitungan tak sampai 1 menit, Anda bisa mengatasi masalah lemot pada smartphone ini. Membersihkan chache adalah salah satu cara paling mudah serta paling umum, digunakan untuk mempercepat performa smartphone Anda. Memang terlalu banyak sampah data yang tersimpan pada chache baik dari aktivitas smartphone atau aplikasi yang digunakan, akan mempengaruhi performa ponsel pintar Anda. Karena itulah membersihkan chache menjadi solusi ampuh untuk mengatasi lemot pada smartphone. Caranya masuk ke setting, pilih menu storage/penyimpanan dan lihatlah betapa banyak chache yang termakan oleh kapasitas smartphone Anda. Setelah itu untuk membersihkanya, klik chache data, lalu OK untuk delete.
  • Hapus aplikasi kurang penting pada smartphone Anda. Smartphone Anda bisa jadi lemot dan berkurang performanya, akibat puluhan applikasi yang diinstal di sana. Karena itu, bijaklah untuk memilih aplikasi penting apa yang akan digunakan di ponsel Anda. Beberapa aplikasi tertentu diketahui sangat mempengaruhi performa smartphone, dan membuatnya menjadi sangat lambat. Untuk mengatasinya, hapuslah aplikasi yang tidak perlu. Namun ada beberapa aplikasi yang memang tidak bisa dihapus atau untuk diuninstal begitu saja. Untuk mengatasinya, Anda bisa masuk ke menu setting, lalu pilih all tab untuk mengatahui semua aplikasi yang terinstal di smartphone. Selanjutnya, pilih aplikasi tak berguna yang ingin Anda hapus, klik disable atau delete.
  • Mengatasi smartphone yang lemot dapat dengan cara meningkatkan batas memory pada Chrome di smartphone. Umumnya, aplikasi Chrome diketahui menggunakan 12 MB dari kapasitas RAM pada Smartphone. Namun Anda bisa meningkatnkan batasan memory RAM untuk Chrome ini, dan membuatnya bekerja lebih maksimal dan juga lancar. Caranya lakukan chrome://flags lalu scroll terus ke bawah hingga Anda menemukan kotak dialog Maximum tiles for interest area. Pada pulldown menu, selanjutnya select 512 . Anda bisa membuka menu dengan mengetuk default. Setelah selesai, lanjutkan dengan tap pada relaunch now.
  • Matikan semua animasi pada smartphone Anda. Adanya animasi misalnya pada screen server atau yang lainya, memang akan membuat smartphone Anda terlihat keren. Banyak orang yang tak menyadari animasi pada smartphone ternyata mempengaruhi performa dari ponsel mereka tersebut. Untuk itu, jika dirasa tidak penting sebaiknya nonaktifkan saja segala animasi pada smatphone Anda. Caranya adalah dengan masuk ke setting, pilih about phone, ketuk lagi build number lalu ketuk lagi sebanyak 7 kali. Selain itu, masuklah ke menu setting, lalu pilih developer option, lalu pilihlah lagi menu Window animation scale, dilanjutkan dengan mengetuk set animation off dan set off lagi pada bagian animation scale dan juga Animation duration scale.
  • Matikan pula lock scareen animation. Beberapa orang menyukai penggunaan lock screen animation, atau kunci layar yang berbasis animasi. Penggunaan lock screen animation bahkan sangat populer belakangan ini. Namun sama seperti yang disebutkan diatas, animasi ini juga akan sangat mempengaruhi performa ponsel Anda. Bisa jadi smartphone Anda jadi lelet karenanya. Sebaiknya nonaktifkan saja lock screen animation dengan cara masuk ke setting, tap lock screen, tap lagi unlock effect selajutnya akhiri dengan memilih none. Dengan disable lock screen animation ini, smartphone Anda tidak akan lemot lagi.
  • Kurangi penggunan widget pada smartphone Anda. Keberadaan widget pada smartphone memang sangat bermanfaat. Andapun bisa mengatur berapa banyak widget yang digunakan pada smartphone. Sayangnya, terlalu banyak widget akan membuat smartphone menjadi lemot. Jika Anda memiliki widget yang tak terlalu penting, sebaiknya disable saja mereka agar tak terlalu membebani smartphone Anda. Memang banyak widget tak akan merusak smartphone Anda. Namun lihatlah jika widget dikurangi, maka Anda akan menyadari bahwa smartphone bisa sangat berkurang lemotnya.
  • Tingkatkan kapasitas RAM pada smartphone Anda. RAM bisa dibilanga dalah bagian yang sangat vital dari smartphone. Namun kapasitas pada RAM yang terbatas bisa sangat mempengaruhi performa gadget Anda ini. Karena itulah sebaiknya kurangi kapasitas yang membebani RAM untuk meningkatkan performa pada ponsel. Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM ini dengan cara menekan tombol home untuk waktu lama, lalu hilangkan atau disable beberapa aplikasi tak penting yang berjalan di smarphone Anda.

 

Mengatasi Smartphone Yang Lemot_tingkatkan RAM

 

  • Cara mengatasi smartphone yang lemot berikutnya dengan merestrat device Anda. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa smartphone adalah dengan cara restrat gadget Anda ini. Tak bisa dipungkiri bahwa restart adalah sebuah cara yang paling efektif, untuk mengatasi beberapa masalah pada smartphone. Salah satunya adalah mengatasi smartphone yang lambat alias lemot ini. Namun banyak orang yang mempercayai bahwa terlalu sering merestrat ponsel, bisa berakibat buruk pada gadget Anda ini.
  • Temukan masalah lainya. Seperti yang disebutkan diatas, banyak masalah yang bisa memicu smartphone menjadi lambat. Bisa jadi dari applikasi yang memakan banyak daya baterai, aplikasi yang memakai banyak RAM dan memory pada ponsel Anda. Ada juga yang menyarankan untuk mengganti memori eksternal Anda dengan kapasitas yang jauh lebih besar, untuk mengatasi smartphone lemot ini. Selain itu, mulai bermunculan aplikasi yang diklaim bisa meningaktkan performa ponsel Anda. Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan aplikasi ini. Namun mendownload aplikasi terutama dari pihak ketiga, sama artinya dengan menggunakan kapasitas RAM pada smartphone. Jadi tak menutup kemungkinan aplikasi ini juga akan membuat Android jadi lemot.
  • Jangan pakai banyak anti virus. Anti virus memang sangat penting untuk melindungi perangkat komunikasi Anda dari malware atau virus. Namun terlalu banyak menggunakan anti virus, terutama yang kerap melakukan online scanning akan sangat berpengaruh pada performa smartphone. Hal ini akan semakin parah jika Anda menggunakan lebih dari satau anti virus, untuk melindungi gadget Anda. Sebaiknya pilihlah atau gunakan saja satu aplikasi anti virus untuk melindungi piranti komunikasi Anda ini. Mana yang terbaik? Tentu bisa Anda temukan sendiri melalui review yang bisa dilihat di internet.

Demikianlah 10 Tips Mengatasi Smartphone yang lemot, semoga bermanfaat.

Leave a Reply