10 Tips Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

10 Tips Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

Smartphone Android merupakan salah satu gadget yang banyak digunakan untuk mengakses internet. Kebutuhan akses internet saat ini memang mencakup banyak lini, baik itu digunakan untuk aktivitas pekerjaan, akses informasi dan komunikasi hingga digunakan sebagai sarana hiburan. Banyak sekali beberapa aplikasi yang sering berhubungan langsung dengan internet. Jika akses internet tiba-tiba lemot atau terhambat, maka beberapa aplikasi yang ada dalam gadget pintar ini juga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Aplikasi yang membutuhkan koneksi internet contohnya mobile messenger (Line, Whatsapp, BBM), game online (COC, Get Rich, Pool), update aplikasi, browser (Chrome, Opera, Internet), dan banyak lagi lainnya. Kadang pengguna smartphone sering geregetan dan menjadi emosi karena disebabkan akses internet yang tiba-tiba ngadat. Penggunaan samrtphone Android memang perlu perawatan agar bisa digunakan dengan maksimal. Agar masalah dalam hal konektivitas internet menjadi minimal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik sekaligus pengguna smartphone Android untuk memaksimalkan kecepatan koneksi internetnya. Berikut ini beberapa tips mempercepat koneksi internet smartphone Android:

  1. Menentukan Lokasi Akses

Penggunaan smartphone Android yang berhubungan dengan akses internet bisanya memperhitungkan lokasi aksesnya. Jika berada di dalam gedung tertutup, biasanya akses internet akan sedikit terhambat akibat kondisi jaringan selularnya tertutup gedung. Ada baiknya saat mengakses internet dilakukan di luar ruangan, sehingga mampu mendapatkan koneksi internet yang lebih baik dari pada di lokasi yang tertutup.

 

Selain itu, agar koneksi internet maksimal, perlu pula menggunakan fasilitas sinyal hotspot wi-fi jika berada di ruangan yang memang ada fasilitas tersebut. Jadi, meskipun di dalam gedung atau ruangan tertutup, koneksi internet pada ponsel Android akan tetap berjalan dengan lancar.

 

  1. Memilih Browser

Jenis browser memang sangat bermacam-macam. Pengguna ponsel pintar Android bisa memilih jenis browser apa pun yang ingin digunakannya. Tapi perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis aplikasi browser justru bisa memperlambat koneksi internet karena membutuhkan beban kerja RAM yang cukup banyak. Jadi, pengguna Gadget Android perlu untuk memilih aplikasi browser yang stabil, sederhana dan memiliki tingkat koneksi yang tinggi, sehingga tidak menghambat kinerja ponsel secara keseluruhan.

 

browser

 

Aplikasi browser yag cukup ringan contohnya Opera Mini, Chrome, Dolphine. Tingkat koneksi yang tinggi pada beberapa aplikasi browser tersebut biasanya berhubungan dengan tingkat kemampuan kompresi data yang tinggi sehingga bisa menjelajah internet dengan cepat dan irit pemakaian, dampaknya juga bisa menghemat kuota internet agar tidak boros.

 

  1. Membersihkan cache dan history

Perawatan pada ponsel pintar Android juga perlu dilakukan guna meningkatkan kinerja smartphone dan koneksi internetnya. Salah satu faktor yang menjadi pemicu lambatnya kinerja ponsel adalah cache dan history penggunaan beberapa aplikasi dalam kurun waktu tertentu. untuk meningkatkan koneksi internet, ada baiknya menghapus cache secara rutin agar kinerja smartphone menjadi ringan dan berdampak pada koneksi internet yang juga semakin lancar. Ada pula aplikasi tambahan yang berfungsi untuk mambantu cache yang tidak dieprlukan, semisal Clean Master. Selain bisa membersihkan cache, aplikasi Clean Master ini juga bisa melegakan memori RAM sehingga bisa menambah kecepatan dan kinerja ponsel Android.

 

  1. Memasang Aplikasi tambahan

Mempercepat koneksi internet pada smartphone Android juga bisa dilakukan dengan menguatkan sinyalnya melalui penggunaan dan pemasangan aplikasi tamabahan penguat sinyal. Untuk mendapatkannya, aplikasi tersebut bisa dicari dan diinstall via Google App Store (Playstore). Contoh aplikasi untuk memperkuat sinyal 3G android, diantaranya menggunakan aplikasi Network Signal Info, Network Speed Booster, Network Signal Booster dan, WiFi Booster Easy Connect dan banyak lagi lainnya.

 

aplikasi tambahan wifi booster easy connect

 

  1. Memilih operator selular

Keberadaan sinyal operator selular antara satu temapt dengan tempat yang lainnya berbeda-beda. Ada beberapa tempat yang memang tidak dapat mengakses sinyal operasi selular tertentu sama sekali. Dengan menggunakan layanan operator yang tepat maka akan membuat keneksi internet menjadi lancar tanpa ada gangguan sinyal yang terlalu sering.

 

Keputusan dalam menggunakan operator tertentu sangat berperan penting dalam menentukan cepat atau lambatnya koneksi internet pada smartphone Android. Pilihlah operator seluler yang memiliki sinyal bagus di sekitar tempat tinggal. Selain itu, perlu juga memilih paket data yang memiliki kecepatan 3G agar kecepatan koneksi internet smartphone Android menjadi lebih maksimal.

 

  1. Menggunakan jaringan 3G

Jika di daerah sekitar tempat tinggal telah support operator selular dengan koneksi jaringan 3G, alangkah baiknya jika mengubah settingan jaringan pada smartphone Android ke mode 3G. Dengan kekuatan sinyal yang baik dan berada pada jaringan internet 3G atau WCDMA, maka koneksi internet akan menjadi lebih maksimal bila dibandingkan dengan jaringan EDGE. Agar kecepatan internet stabil, sebaiknya setting jaringan di android dengan pilihan 3G atau WCDMA only dengan pencarian otomatis, Ini sangat penting untuk mendapatkan kecepatan internet terbaik dan untuk saat ini sudah ada jaringan 4G yang kecepatnnya lebih baik dari jaringan sebelumnnya, dan sudah banyak ponsel yang sudah mendukung jaringan tersebut.

3g only

  1. Tidak memasang banyak aplikasi

Meminimalisir aplikasi yang berjalan di dalam ponsel akan mempengaruhi kinerka baterai agar  tidak lekas panas. Baterei yang panas bisa mempengaruhi kinerja ponsel dan juga sinyal operator selular yang masuk ke dalam ponsel. Saat ponsel berada pada kondisi panas maka ponsel akan terasa lebih lamban atau lemot dan sinyal yang ditangkap oleh ponsel juga akan menurun.

 

Menjaga baterei agar tetap dingin adalah dengan menggunakan ponsel tanpa harus mengisi daya baterei terus menerus. Semakin sering mengisi daya baterai, maka baterai jjuga bekerja lebih keras, akibatnya berpengaruh pada kekuatan sinyal yang akan sangat menurun drastis. Jika ada beberapa aplikasi yang terpasang pada smartphone, namun memang jarang atau hampir tidak pernah digunakan, maka akan lebih baik jika meng-uninstall saja aplikasi tersebut. Dengan minim aplikasi, maka kinerja ponsel Android juga lebih maksimal. Meng-uninstall salah satu aplikasi juga berlaku dilakukan jika memiliki beberapa aplikasi dengan fungsi sama atau mirip.

 

  1. Stop menjalankan banyak aplikasi

Smartphone Android memang terkenal dengan kinerjanya yang multitasking. Namun hal ini akan sangat mempengaruhi proporsi RAM saat digunakan. Agar koneksi internet lebih nyaman sebaiknya tutup aplikasi lainnya agar tidak memakan banyak RAM yang berimbas pada lambatnya kinerja Android.

 

  1. Matikan fitur tethering

Disaat melakukan tethering hotspot dan Wi-fi pada pengguna Android lain, itu artinya terjadi pembagian bandwith sehingga secara otomatis kecepatan internet juga akan melambat. Jika ingin mempercepat koneksi internet sebaiknya hindari pengaktifan fitur ini kecuali saat diperlukan saja.

 

  1. Merefresh jaringan Android

Melakukan refresh sinyal Android dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet smartphone Android. Yang perlu dilakukan dengan cara ini adalah dengan mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan, kemudian dilanjutkan dengan mematikan jaringan lalu menyalakannya kembali.

 

Cara yang ditempuh dengan memilih jaringan mode pesawat/Airplane Mode. Setelah muncul logo pesawat di menu atas lalu masuk kembali ke mode normal dengan mematikan mode pesawat tersebut. Proses ini akan mematikan sinyal radio lalu menyalakannya lagi, dengan demikian perangkat Android Anda akan me-refresh dan mencari jaringan internet yang lebih baik.

 

Leave a Reply